Liga Blogger Indonesia 2016: Push Your Limits!

by - 4:11:00 PM


Liga Blogger Indonesia 2016: Push Your Limits! — Mulai nge-blog di tahun 2010, nggak bikin gue berhasil punya ribuan post  di blog ini. Bahkan, banyak banget postingan yang gue hapus gara-gara malu ngelihat zaman kealayan sebagai remaja, apalagi kalo bukan cerita percintaan nan menye-menye, hihihi.

Belum lagi, gue sempat memasuki tahun-tahun di mana aktif kegiatan volunteering dan hobi banget jalan-jalan. Perhaps, gue jadiin ‘sibuk’ sebagai alesan buat vakum nge-blog. Selain itu, gue juga kan, content writer sebuah website yang kudu wajib nulis tiap harinya. Rasanya, tiap muncul ide baru, mending buat postingan kerjaan, deh. Ngejer setoran bos!

Alhasil, gara-gara kelamaan vakum nge-blog, gue mulai dilupain sama temen-temen blogger yang tadinya rajin banget blogwalking kemari. Ditambah, gue juga punya alesan lain untuk nggak bisa nge-blog, yaitu writer’s block.

Lo tau nggak writer’s block apaan?

Itu lho, biasanya kalo orang abis putus, langsung writer’s block di Facebook.
Bukan bukan, itu mah nge-block aje.

Writer’s block adalah kondisi di mana seorang penulis nggak bisa menuangkan idenya ke dalam sebuah tulisan. Berasa buntu dan kaku seakan ada yang ngebatasi pintu keluarnya gagasan tersebut. Berjam-jam di depan laptop, nggak bikin satu paragraf pun berhasil diketik. Tapi, kalo nulis chat di WhatsApp sih, nggak usah ditanya, setiap jam pasti ada aja. Maklum, gue kan nggak jomlo kayak lo pada…

Sebenernya, gue tau sih, itu cuma alesan yang gue ada-adain aja. Gue ngebuat sendiri batasan dalam otak gue. Sampe akhirnya, gue dapet kabar dari temen-temen Blogger Medan perihal pendaftaran Liga Blogger Indonesia2016.

Di Liga Blogger Indonesia, blogger-blogger Indonesia akan bertanding lewat postingan di blog-nya masing-masing. Sistemnya mirip sama liga sepakbola, guys. Ada klasemen, duel satu lawan satu antarblogger, dan mendapatkan poin. Dan sekarang, Liga Blogger Indonesia udah masuk musim ke-4. Gue pun dianjurin buat langsung akses ke blog mereka di http://ligabloggerindonesia.blogspot.co.id/.

Betapa antusiasnya gue saat itu buat ngedaftarin diri di liga ini! Gue pengin nge-push limit gue sendiri supaya bisa lebih rajin dan disiplin dalam mem-posting tulisan di blog. Selain itu, tentunya gue pengin menjalin silahturahmi sama temen-temen blogger yang lain. Gue yakin, ikut bertanding di Liga Blogger Indonesia 2016 bisa jadi solusi kemalesan gue. Apalagi, didukung anggota Blogger Medan yang begitu kompaknya rame-rame ngedaftarin diri. Gimana nggak makin semangat coba?

Nggak muluk-muluk, gue nggak ngarepin dapet jodoh dari liga ini. Atau, bisa nonton konser JKT48 gratis? Nggak ah, udah sering. #sombong

Jadi, apa harapan gue?!

Harapan gue, liga ini semakin dikenal di Indonesia. Kenapa? Gue pengin blogger-blogger terpacu buat lebih kreatif lagi dan bisa menarik minat non-blogger buat ikutan nge-blog. Gue juga berharap ini bisa bikin temen-temen Blogger Medan terpacu semangatnya dan bisa unjuk gigi di kancah per-blogger-an Indonesia. Gue yakin sih, musim depan lebih rame lagi karena musim ini aja, jumlah yang ikutan ada 85 blogger, lho!

Kok, bisa jadi lebih kreatif lagi?


Karena sistem Liga Blogger Indonesia yang ngeharusin pesertanya blogwalking, otomatis kegiatan itu bisa nambah ide dan perspektif baru bagi setiap blogger yang ikutan. Nggak cuma itu, liga ini bikin pesertanya harus bisa berpikir cepat. Push your limits!

Setiap gue ditanya apakah gue punya musuh? Gue selalu jawab punya. Musuh terbesar dalam hidup gue adalah diri gue sendiri. Sebagai procrastinator ulung, ikut Liga Blogger Indonesia ngebuat gue bisa membuktikan—setidaknya pada diri gue sendiri—kalo nggak selamanya gue hanya menunda-nunda pekerjaan. You will never know your limits unless you push yourself to them. Inilah tujuan gue terjun ke Liga Blogger Indonesia.

Buat gue, banyak banget manfaat yang bakal gue dapetin dari ajang ini. Teman? Udah pasti. Trafik pengunjung dan pembaca? Jelas, dong. Tapi, manfaat lain yang ngebuat gue girang adalah ilmu dan motivasi buat lebih rajin lagi di dunia blogging. Bagi gue, manfaat tersebut udah lebih dari cukup sebagai hadiah dari Liga Blogger Indonesia.

Saran gue sih, tahun depan pengumumannya lebih viral, dong! Jadi, yang udah ikutan, terus ngepromosiin Liga Blogger Indonesia musim depannya. Kalo perlu, minta temen-temen lain buat bantu retweet.

Gue yakin setelah post ini, banyak di antara kalian yang pengin ikut Liga Blogger Indonesia 2016. Tapi, udah nggak bisa. Tenang aja, sekarang kalian jadi penonton dulu aja. Dan jangan lupa pantengin terus infonya supaya bisa ikut Liga Blogger Indonesia musim depan. Happy blogging!

You May Also Like

53 comments

  1. Iiiih, blognya keceeeh dan unyuuu...!

    Kayaknya aku pernah main ke sini deh, waktu googling tentang @pipis :)
    Semangaaaat yah, Liga Blogger-nya...! Horaaaayy!

    --bukanbocahbiasa(dot)com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mbak Nurul.

      ...eh, kenal Kak Pipu juga? xDbb

      Delete
    2. dulu sekantor di Jawa Pos dek

      DetEKsi lebih tepatnya

      Delete
  2. Suka. Suka banget writer's block gini. Kesibukan jadi alesan, eh pas mau (baru mau) mulai rajin ngeblog lagi, idenya doang yang banyak. Eksekusinya nol. hahaha

    Cara biar rajin dan tetep konsisten harus terus nikmatin ekosistemnya. banyakin baca, blogwalking. Dengan Liga blogger gitu jadinya terus terpacu, keren idenya. Semoga Liga ini tetap bertahan dalam persilatan Indonesia deh, ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayooo, Jakur minat nggak ikutan musim depan?
      Kamu tuh kayaknya konsisten bangetlah Kur. Dari aku awal nge-blog sampe sekarang masih aja sering kemari *terharu* *hiks*

      Delete
    2. hidup writer's block, eeehh..
      biasa yaaahh, klo sibuk bisa jadi banget dijadikan alasan kena syndrom writer's block :D

      anyway ayooo, mari saling menyemangati utk liga kali ini, hidup Group C :D

      Delete
    3. Hahahaha namanya juga manusia, Mbak. Jadi suka denial gitu xDbb

      Iya, semangat ya Mbak. Happy blogging!

      Delete
  3. "bahkan, banyak banget postingan yang gue hapus gara-gara malu ngelihat zaman kealayan sebagai remaja,"

    *merasa gak sendiri

    ehheheeee, hidup blogger putus nyambung.

    selamat ber-LBI :)


    @pararang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha ketauan jomlonya entar kalo ngerasa sendiri Mas.
      Biasalah~ lika-liku hidup blogger xD

      Delete
  4. Blog unyu, yang punya juga unyu.

    Kalau ga ada LBI kita ga saling kenal ya, mbaaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku dibilang unyu *sujud syukur*
      Makasih Mbak. Semoga sama-sama bisa mengambil manfaat. ^^

      Delete
  5. Semangat, ya.
    Semoga bisa mendorong untuk lebih rajin ngeblog lagi.
    Salam, :)

    ReplyDelete
  6. Salam kenal dari Grup sebelah nih


    @masirwindotcom

    ReplyDelete
  7. #Kemaren mau ikutan, daftarnya kelupaan.. Ingatnya pas udah lewat DL :v
    mbak, tolong donk cursornya diganti...
    menggelikan sekali.. -_- masa postingan bagus-bagus dinodai dengan kursor yg menggelikan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kau tontonin aja dulu aku Pad, kali-kali aku masuk final kan *amin*

      Memang kaulah, minta dihajar xDbb

      Delete
  8. weseeehhh..... berharap kreatifitas di blog.. ahaha setuju banget kak funy,, salah satunya kan arya yang selalu kreatif...
    dan soal write's block, thanks infonya, soalnya arya juga baru tau sekarang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Dek Arya yang selalu kreatif, semangat terus ya ^_^

      Delete
  9. belum ikut LBI tahun ini karena masih menjabat sebagai Procastinator Ulung XD


    Semangat ya kak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasiiiiih Wina xD
      ah kamu, komikmu mana?! kzl

      Delete
  10. Jadi lebih semangat ngeBlog nih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayooo Mas Eka. posting lagi jalan-jalanmu. tapi fotonya gedein pleaaaseee biar memanjakan mata ini >,<

      Delete
  11. Assalamu'alaikum
    Pas dilihat dari pertama buka, keren bangetttt tampilannya, isinya juga oke, sama kerennya. terus lihat Penghargaanya wuihhhh pasti Kakak Udah berpengalaman dehh..

    tetap semangat ngeblognya dan istiqomah ya

    @HadramiSupra
    http://hadramisuprayogi.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalaam...
      Makasih ya Hadrami.
      Semoga istiqamah dengan jalan yang ditempuh sekarang. *pasang iket kepala*

      Dan semoga ada manfaat yang bisa diambil. Amin.

      Delete
  12. Daku sebagai emak rempong masih kesulitan buat konsisten nulis di blog... secaraaaa... kadang ga fokus huhuhu *ya naseb guweh*.

    Jadi sekarang tetep jadi penonton LBI ajalah dulu hihihi... met bertanding ya neng Funy😀.

    ReplyDelete
  13. Daku sebagai emak rempong masih kesulitan buat konsisten nulis di blog... secaraaaa... kadang ga fokus huhuhu *ya naseb guweh*.

    Jadi sekarang tetep jadi penonton LBI ajalah dulu hihihi... met bertanding ya neng Funy😀.

    ReplyDelete
  14. mba Fani.. Tulisannya selalu bagus. Suka. Setiap abis blogwalking salah satunya ke blog mba fani, jadi langsung terinspirasi^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks Shinta. Kamu pernah BW ke sini gitu?
      xDbb

      arigatou~

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  15. Suka tapi sebelumnya cuma berkunjung doang si hahha..., belum resmi dibilang blog walking ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gapapalah, kita udah temenan di FB juga. Jadi bisa sering sharing. *happy*
      Jangan malu menanyakan apa pun ke aku ya. *Dasar aku aja yang gak ada malu-malunya*

      Delete
  16. Tahun ini mesti ikutan, tahun-tahun sebelumnya selalu telat informasi.
    Thanks, funny untuk tulisannya.

    Ciee yang nggak jomblo :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi semangat Angga yang keren. Semoga kamu nggak sibuk jadi pembicara. #eaaaaak

      Situ udah jadi keren masih jomlo? #eh

      Delete
  17. Sama aja nih maslahnya kaya aku...
    Tapi sepertinya @tehpocii bakalan jadi lawan berat nih di Grup C..hihii
    Salam dari wawanwawadotblogspotdotcom :)

    @Wawa_eN

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lawan berat? Menyinggung nih, mentang-mentang dietku gagal. #baper

      Happy blogging Mas Wawan. Semangat terus nulisnya! :D

      Delete
    2. Oh, dietmu gagal mbak? baru tau aku... #eh :p

      Siap...Semangat juga ya teh :)

      Delete
    3. Jadi, Mbak atau Teh?
      Inkonsisten niiih

      Delete
    4. Dik Funy aja deh kalau gitu...#eaa :p

      Delete
    5. Baiklah, Oom. Adik2 mah nurut ajaaa. Hahahaha :))))

      Delete
    6. Siiip, jadi adik yang baik yaa...
      Tapi entah kenapa jadi ngerasa tua gini yaa...hemm

      Delete
  18. Salah satu manfaat mengikuti LBI bagi saya adalah bisa saling berkunjung ke blog salah satu peserta ini juga. Salam kenal dari #BloggerKalimantan... :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siiiip, bisa kenal blogger-blogger lain dan menambah inspirasi juga ya.

      Salam kenal dari Blogger Medan. :)

      Delete
  19. iya banget tuh, dengan blogwalking jadi bisa ketemu ide-ide kreatif dan sambil belajar juga postingan yang asik dan informatif itu kayak gimana. Dan postingan kamu yang ingin nggak bosenin. Suka. Salam kenal dari grup tetangga sebelah #Grup B. Beda satu tahun ya kita, *tuaan aku, tapi lumayan lha hehehe

    @gemaulani

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha iya Ge. Meskipun kamu lebih tua setahun, itungannya seumuran. *iyain aja udah*

      =))

      Delete
  20. beneran udah telat mau ngikut :D
    ternyata ada juga kompetisi seperti itu, tahun depan kalau ada lagi coba ngikut ah. tapi mau ramein blog dulu. yang ni masih sepi :D

    btw, salam kenal mbak ^^/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaap, bikin draft postingan aja dulu. Konsisten nge-blog. *ini sedang nasihatin diri sendiri*

      Delete
  21. Wah nyasar di mari, thanks buat infonya..salam dr blogger Samarinda. Lombanya tahun depan aja ikutannya,hehe

    ReplyDelete