Mie Sop Coco: Jawaban Kegelisahan Si Tukang Jajan

by - 2:48:00 PM

Mie Sop Coco

Mie Sop Coco: Jawaban Kegelisahan Si Tukang Jajan — Kalo aja BPS ngelakuin sensus sambil survei “jajanan ter-hits sekota Medan”, gue yakin banget juaranya adalah mie sop. Sayangnya, BPS nggak doyan ngelakuin hal-hal nggak penting kayak gue. Satu-satunya hal penting yang gue lakuin dalam hidup kan, bikin kamu senyum....

Bandung terkenal sama jajanan penuh singkatan. Ada cireng yang artinya aci digoreng, ada cilok yang artinya aci dicolok, dan ada cimol yang artinya aci diemol. Antara kreatif dan males mikir emang beda tipis. Mie sop juga sering disingkat lho, jadi miso. Tapi, ini bukan karena orang Medan males mikir, tapi biar kejepang-jepangan gitu. Eh, ini sesat sih, jangan percaya. *miso (味噌) = bahan makanan asal terbuat dari fermentasi rebusan kedelai, beras, atau campuran keduanya dengan garam

Dari perawakannya, mie sop ini adalah mie dikasih kuah sop. Kalo ditambah bakso, jadinya mie sop bakso. Kalo udah kayak gini, mie sop bakal dikembar-kembarin sama bakso kuah. Hal ini bikin mie sop merasa tersakiti karena pada dasarnya mereka adalah dua panganan berbeda. Ibarat wanita yang nggak mau disama-samain sama mantan pacar pacarnya, begitu jugalah mie sop. Dan dengan menuliskan ini, gue udah memperjuangkan hak mie sop untuk mempertahankan eksistensinya. Merdeka!

Kuah mie sop lebih kaya akan rempah dibanding kuah bakso yang biasa lo temui, guys, ada bunga cengkeh dan kapulaga. Dua rempah ini nggak lazim kalo sampe nongol di kuah bakso. Karena ngandelin banyak rempah, biasanya kuah mie sop lebih light dan lebih bening ketimbang kuah bakso. Kuah bakso pada umumnya kan, dominan di kaldunya. Banyak pedagang-pedagang bakso yang ngebanyakin jumlah lemak untuk mempertajam rasa kuahnya.

Nggak jarang juga, lo nambahin saus, sambel, dan kecap supaya pas sama selera lo. Semacam habit setiap jajan begituan, ya? Atau memang karena rasanya yang hambar? Gue sendiri baru aja dibikin kaget sama Mie Sop Coco. Gerai mie sop yang baru aja nambah cabang di Jl. Orion, Medan ini, punya menu yang endeusss banget tanpa tambahan saus, sambel, atau kecap, lho.

Mie Sop Coco
Mie Sop Coco tanpa kecap dan saus!

Etnis Tionghoa emang terkenal sebagai ahlinya mie—selain orang Italia dan Arab yang memperdebatkan siapa penemu mie sesungguhnya. Gue yang bener-bener nikmatin mie sop satu ini pun berpikir mie-nya bikinan gerai itu sendiri. Doi punya kekenyalan dan tekstur khas yang belom gue temuin di mie sop lain. Homemade noodles usually provide a more chewy taste than store bought ones, isn’t it? Mie Sop Coco does it! Dan..., ternyata gue salah besarrr, mie-nya nggak dibikin langsung oleh koki Mie Sop Coco melainkan ngambil dari supplier. Salah sendiri, kok, mie-nya enak gitu?! #CewekSelaluBenar

Mie Sop Coco
Mie Sop Coco menggoda iman....

Banyak orang terdekat yang bilang kalo gue ini the real picky eater. Bukannya nggak mau makan tomat atau bawang, bukan yang kayak gitu. Tapi, banyak pertimbangan sewaktu gue akan bener-bener ngelahap suatu makanan. Gue yang emang bawel akan lebih bawel lagi kalo makan di tempat yang baru. Semua menu yang kelihatan menarik bakal gue tanyain satu per satu. Kalopun makanannya dateng, gue nggak langsung kesetanan buat ngabisinnya. Dilihat dengan seksama—jangan sampe ada rambut atau hal tak senonoh lainnya—ngambil sesendok, diendus-endus, lakukan suapan pertama, lalu dirasain dulu beberapa saat. Selanjutnya, suapan perlahan lagi hingga beberapa kali. Kalo tiba-tiba ada perasaan yang nggak biasa, gue bakal langsung stop makan saat itu juga. Sebaliknya, kalo fine-fine aja, gue tancap gaaassss!

Sensitif sama bau dan rasa, kerongkongan gue pun ngasi alarm kalo ada makanan/minuman yang terlalu tinggi pengawet/penyedapnya atau pake bahan-bahan kuwalitas buruk. Hal-hal kayak gini yang bikin gue repot kalo mau jajan. Lucky me, Mie Sop Coco nggak pake vetsin untuk kuahnyaaaaa. Yes! Mie-nya juga tanpa bahan pengawet, jadi lebih cepat rusak kalo nggak dimasukin ke kulkas. Pengalaman yang udah-udah sih, gue langsung batuk dan haus banget kalo makan hidangan yang kadar perisa buatan dan pengawetnya tinggi.

Gue juga nyobain Tahu Balik Ayam yang nggak kalah juara enaknya. Gilingan daging ayam lembut dibalut kulit tahu, dimakan anget-anget dan krenyessss. Sangkin lembutnya, gue sampe berantem sama partner makan gue, nggak lain nggak bukan Yuha Azhari. Gue bilang udang, dia bilang ayam. Padahal jelas-jelas menunya ayam! Hahaha, soalnya, tekstur lembutnya mirip kayak olahan seafood. Emang sih, buat gue too salty karena nggak terlalu suka makanan asin. But, well, ini camilan yang lezat.

Mie Sop Coco
Tahu Balik Ayam ala Mie Sop Coco
Mak Olive, empunya Mie Sop Coco ngebangun bisnis kuliner ini bersama sang tante. Doi yang katanya sering banget makan mie sop dan emang hobi wisata kuliner, berpikir kenapa nggak bikin usaha aja di bidang itu. Alhasil, jadilah bisnis keluarga yang menjanjikan dan ngebuat Mak Olive bisa makan mie sop hampir tiap hari. Bahan-bahan yang dipake bukan oplosan.  Skip the diet, just eat healthy, selagi makannya wisely; nggak dengan porsi yang lebay. Ini nih, jawaban dari kegelisahan tukang jajan terutama cewek, yang doyan makan, tapi takut gendut!

Gerai pertamanya sekaligus pusat dan tempat koki ada di Jl. Kalimantan. Dan November 2015, Mak Olive di usia 31 tahun udah bisa nambah satu cabang di Jl. Orion. Kata doi, semua yang butuh bahan baku hewani, menggunakan pure ayam. Diakuinya, semua hidangan Mie Sop Coco adalah halal. Karena alasan spiritual pun, Mie Sop Coco sama sekali nggak pake bahan baku dari sapi.

Mie Sop Coco
Gerai Mie Sop Coco di Jl. Orion

Nilai plus dari Mie Sop Coco ini adalah bener-bener ngejaga kebersihan makanannya. Selain itu, bawang goreng yang digunain juga asli bawang yang khusus buat digoreng. Soalnya, banyak banget tempat makan yang pake bawang goreng campuran. Buat gue, kadang bau apek gitu jadinya. Ngilangin selera makan!


Masih ada menu yang pengin banget gue cobain, kayak Bubur Sumsum dan Mie Kangkung Belacan. Tapi, mie sop-nya juga pengin lagiiiii. Gue sih, berniat nyobain mampir ke Mie Sop Coco yang di Jl. KalimantanWARNING: Tulisan ini dapat membuat Anda gagal diet, kelaparan akut, atau ngidam makan. Penulis tidak bertanggung jawab atas efek samping yang Anda rasakan. Silakan minta pasangan Anda temenin makan. Kalo nggak punya, kesian deh lo, jomblo!


“Eating is not a crime. It’s not a moral issue. It’s normal. It’s enjoyable. It just is.” ― Carrie Arnold

Mie Sop Coco


Mie Sop Coco


Instagram: https://www.instagram.com/miesopcoco/
Price: Rp 2.000 – Rp 25.000
Operation Hours/Address:
- Mon-Sat 08.00 – 18.00, Sun 08.00 – 18.00 Jl. Kalimantan No. 21 A, Medan
- Everyday 10.00-21.00 Jl. Orion No. 53, Medan

Taste: ★★★★☆
Service: ★★★☆☆
Ambience: ★★☆☆☆
Wifi: Yes
Parking Area: Available for Motorcycle



You May Also Like

14 comments

  1. Keren sih, jaman sekarang kuliner ga biasanya memperhitungkan kesehatan dan rasa. Biasanya cuma jual tempat dan unik doang. Tapi ini mah beda :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap. Sekarang tempat2 makan kecil pun menjual konsep. Sampe kadang, ngelupain hal dasar dari alasan orang dateng untuk makan.:D

      Delete
  2. Gak pake vetsin ini yang mantap... soalnya suka sebel kalo mie sop rasa gurihnya lebay gitu :).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Kak Moy... Cobain, Kak. Secara dirimu kan hobi kulineran. >,<

      Delete
  3. review nya bagus kak.
    Boleh tau kalo mau produk atau tempat usaha nya di review caranya gimana?
    Makasih ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, thanks btw.
      Bisa email ke tehpocii@gmail.com atau BBM: 7d57d6f0 (fast responses)
      Line: keepyoursense (slow responses) :D

      Delete
  4. Alooo Khansa, aku blogwalking ke blog kamu nih. Unyuu.. Tulisannya juga 'fresh' khas anak muda *kan kita emang masih muda yakk

    Btw, itu mienya bikin ngilerr :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halooo Intan! *excited*
      Makasi yaaa. Hahaha tulisan kamu anak muda yang mendidik #azek

      Yuk mampir ke Medan sini :D

      Delete
  5. Replies
    1. wahahaha wina udah nyobain rupanya. iya enak wiin :9

      Delete
  6. Wah makananya sungguh menggoda mbak :D'
    hehehe..
    salam kenal ya..

    ReplyDelete